-->

TJSL PT PIM, Berhasil Berdayakan Pemuda Berwira Usaha Budidaya Lele

Laporan: Redaksi author photo

Aceh -  Plt. Asisten Vice Presiden PKBL & Humas bidang TJSL Jufri dan staf  melakukan evaluasi pelaksanaan program Youth Enterpreneur Ship (YES) bidang budidaya ikan kolam yang dilakukan oleh anak-anak muda Karang Taruna di di Desa Tambon Baroh,Dewantara,Aceh Utara.pada  Selasa 05 Oktober 2021.

Dalam Peninjauan kali ini bertujuan untuk melakukan sejauh mana efektivitas program yang dijalankan serta melakukan panen perdana untuk penyortiran hasil yang diambil tahap pertama benih ikan lele yang di lepas pada 23 Juli lalu.

Jufri bersama ketua karang taruna guroe sakti Tambon baroh Edi Swandi beserta anggota melihat langsung proses kegiatan sortir dan panen perdana ikan lele dumbo tersebut. Penyortiran ini bertujuan  agar ikan yang berukuran besar tidak memakan ikan yang berukuran kecil sehingga dapat meningkatkaan hasil produktivitas panen kedepan.

Adpaun Panen perdana berlangsung sukses dengan hasil panen sebesar 239 kg, ikan lele yang sudah dipanen akan ditampung oleh distributor/penyalur Ikan Kolam UD. Karya Tani Lhokseumawe dan kemudian akan dipasarkan di daerah lokal maupun ke luar daerah Aceh.

Dalam Program youth Enterpreneur Ship ini berjalan tahap pertama ini dapat dikatagorikan sukses dengan indikatornya bisa kita lihat dari tingginya hasil panen perdana dengan nilai jual mencapai Rp. 4.000.000,.

Adapun Panen secara keseluruhan akan dilakukan pada akhir Oktober mendatang. Jufri selaku Plt. AVP PKBL merasa puas dangan hasil penyortiran hari ini, dan berharap hasil panen selanjutnya terus meningkat.

Karang Taruna Guroe Sakti berhasil menunjukkan keseriusannya dalam berwira Usaha, kreativitas anak-anak muda ini perlu kita dukung dan kita fasilitasi untuk memberdayakan kemandirian finansialnya, bantuan yang berikan ini merupakan hasil “Mapping” kita terhadap masyarakat baik bidang Sosial, Potensi dan kebutuhan  masyarakat itu sendiri, kita tidak mengakomodir pemberian dana Cash terhadap kawan-kawan kita ini akan tetapi kita berikan fasilitas dan sarana untuk melakukan usaha sehingga kreativitas anak-anak muda kita bisa ditunjukan hasilnya, dan alhamdulillah hari ini bisa kita saksikan sama-sama, bukti nyata anak muda Karang Taruna Guroe Sakti berhasil mengelola usaha budidaya lele dengan baik, keterlibatan antar pihak dan kerjasama dalam kelompok sangat berpengaruh dalam menentukan target hasil yang ingin dicapai, sekali lagi saya ucapkan selamat kepada kawan saya Edi Swandi yang telah koordinir kelompoknya sehingga hari ini semua bisa tersenyum melihat hasil yang dicapai, harapan saya, usaha ini terus berkelanjutan dengan memanfaatkan hasil panen ini untuk modal pelaksanaan budidaya lele ditahap ke 2 pada bulan November mendatang, pangkasnya.

Edi Swandi selaku ketua karang taruna Guroe Sakti Desa Tambon Baroh meapresiasikan usaha TJSL PT PIM kali ini yang bersedia mendampingi anak-anak muda yang mau melakukan usaha, “saya sangat berterima kasih kepada PT PIM atas usaha memberdayakan kami anak-anak muda lingkungan perusahaan, program ini sangat bagus dan patut di kembangkan dan dilakukan secara berkelanjutan seperti harapan kita semua.

Kami sangat bersyukur tim TJSL PT PIM kali ini tanggap terhadap kebutuhan masyarakat sekitar terutama anak-anak muda yang rentan berprilaku tidak baik apabila tidak ada kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan sehari-hari.

Dan Ada 9 orang anak muda kita yang tergabung dalam kelompok ini, sekali lagi terimakasih banyak TJSL PT PIM yang telah banyak membantu warga sekitar perusahaan, sehingga hubungan baik antar pihak bisa kita jaga dengan baik, ujarnya.

Seperti diberitakan sebelum nya pada 23 Juli 2021 lalu PT PIM melalui bidang TJSL menyalurkan bantuan usaha kepada para pemuda di desa Tambon Baroh  untuk membudidayakan ikan kolam jenis Lele Dumbo sebanyak 30 ribu bibit, budidaya lele ini menjadi salah satu usaha unggulan anak-anak muda untuk memberdayakan ekonomi keluarga.(adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini