IM Desak Menteri Yasonna Ungkap Kasus Dugaan Jual Beli Jabatan di Kemenkumham

Laporan: Redaksi author photo

Demo Indonesia Monitoring soal dugaan jual beli jabatan di Kemenkumham (Istimewa)
JAKARTA – Puluhan Pemuda yang mengatasnamakan Indonesia Monitoring berunjuk rasa di depan Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) serta di depan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kamis (4/11/2021) siang. Mereka meminta Kemenkumham dan Kemenpan-RB segera mengusut dugaan korupsi jual beli jabatan yang terjadi di instansi Kemenkumham.

“Adanya dugaan tindakan korupsi dalam lingkaran Kemenkumham yakni jual beli jabatan yang dilakukan oleh saudara Oga Geovani selaku Kepala Bagian Mutasi Kementerian Hukum Dan HAM RI,” ujar Koordinator Nasional Indonesia Monitoring, Faizal S dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/11/2021).

Menurut Faizal, tindakan korupsi yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) sebenarnya bukan hanya tentang uang, namun juga dengan skema jual beli jabatan. Tindakan korupsi dilakukan dengan melakukan rotasi ataupun mutasi jabatan.

“Salah satu yang menjadi perhatian dalam aksi ini ialah adanya dugaan tindakan korupsi jual beli jabatan yang dilakukan oleh saudara Oga Geovani selaku Kepala Bagian Mutasi Kementerian Hukum dan HAM. Dia mengintervensi pejabat UPT PAS Wilayah untuk mengikuti keinginannya dan diduga melakukan pemerasan,” jelas dia.

Faizal pun meminta Presiden Joko Widodo dan Menkumham Yasonna untuk turun tangan memeriksa dan mengungkap dugaan kasus ini. Lebih jauh, aktivis pemuda ini juga menuntut Menkumham Yassona untuk memberhentikan pejabat yang terkait kasus ini. (fin_red)















Sumber:fin.co.id

Share:
Komentar

Berita Terkini