Kafilah Aceh Masuk Final Pada Delapan Cabang Lomba di MTQ Korpri Nasional

Laporan: Admin author photo

BANDA ACEH – Kafilah Aceh mengirimkan wakilnya pada final di delapan cabang lomba MTQ Korpri Nasional ke V di Kota Kendari, Sulawesi Utara (Sultra). Babak final Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-V Korpri itu berlangsung pada hari ini, Kamis (18/11/2021)

mulai pukul 08.00 sampai 23.00 WITA. “Kabar gembira ini kami dapatkan dari Ketua Kafilah Aceh, Ustad Mardhatillah, kita sangat bersyukur atas capaian yang diperoleh tim Aceh ini,” ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto.

Karo Humpro Seda Aceh itu juga merincikan daftar peserta Korpri asal Aceh, beserta cabang lomba yang berhasil dimasukinya hingga babak final. Pada cabang tartil putra, Ihsan, tartil putri Ely Silviani, hafalan Surah Al Baqarah putra, Ahsanur Rifqi, hafalan surah Ali Imran dan An Nisa, Taisir, hafalan surah Ali Imran putri, Syathriah.

Selanjutnya, cabang dakwah putra, Rustandi, khutbab Jumat putra, Fajri dan cabang baca doa putra, Fathurrahmi. “Atas nama pemerintah dan masyarakat Aceh, saya menyampaikan doa, semoga kafilah MTQ Korpri Aceh dapat tampil maksimal dan meraih prestasi yang gemilang pada tahapan final ini,” kata Iswanto seraya berharap agar seluruh rakyat Aceh juga mendoakan para duta religi dari Aceh itu diberi kemudahan dan mendapatkan hasil terbaik di babak final.

Iswanto mengatakan, selama ajang MTQ berlangsung, Pemerintah Aceh terus memberikan dukungan bagi para ASN asal Aceh yang mengikuti perlombaan tersebut. Pada Minggu, (14/11), Staf Ahli Gubernur Aceh Drs Bukhari MM mengunjungi langsung peserta kafilah MTQ Kopri asal Tanah Rencong. “Kehadiran Pak Bukhari, berdasarkan kabar dari Ketua Kafilah Aceh, menjadi motivasi dan penambah semangat bagi peserta kafilah Aceh dan Alhamdulillah hasilnya kita rasakan hari ini,” ujar Iswanto.

Sebagaimana diketahui, memasuki usia setengah abad, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) menyelenggarakan ragam kegiatan. Salah satu kegiatan terbesar dalam momentum usia 50 tahun ini adalah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Korpri V.

MTQ ke V itu menjadi yang terbesar sepanjang sejarah Korpri. Ada sembilan cabang yang dilombakan dan diikuti oleh 66 kafilah dari kementerian/lembaga dan provinsi se-Indonesia. Sampai Selasa (9/11/2021), tercatat lebih dari 750 peserta yang siap berlomba secara sportif dan profesional.

Sebagai catatan sejarah, MTQ Korpri pertama kali diselenggarakan sejak tahun 2012 di Makassar (Sulawesi Selatan). Kegiatan ini digelar setiap 2 tahun berselang seling dengan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri.

Setelah 2012 berturut-turut MTQ Korpri II dihelat tahun 2014 di Banda Aceh (Aceh), MTQ Korpri III pada 2016 di Samarinda, Kaltim, MTQ IV pada 2018 di DKI Jakarta. Khusus pada 2020 saat pandemi Covid-19, Korpri tetap menggelar MTQ secara virtual.***

Share:
Komentar

Berita Terkini