PWI Jawa Timur dan Kadin Jatim Kerjasama Pelatihan Memahami UMKM

Laporan: Redaksi author photo

Surabaya  - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur melakukan kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim.dalam bentuk pemberian pelatihan bagi para jurmalis untuk memahami Unit Usaha Mikro Menengah (UMKM), di arena Inapro Expo, di Convex Grandcity, Kamis (25/11/2021).

Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim, mengatakan dengan adanya penandatanganan ini, dari sisi PWI akan dilakukan kelas khusus pelatihan bagi jurnalis untuk memahami lebih jauh tentang UMKM.

" Khususnya soal-soal peran UMKM yang besar terhadap ekspor, penyerapan tenaga kerja dan kontribusinya yang signifikan terhadap rata-rata GDP(Gross Domestic Produk) dan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) daerah per tahun,"ujarnya, di Surabaya, Jumat (26/11/2021).

Dikatakannya,pemahaman terhadap kondisi UMKM saat ini bagi para jurnalis sangat perlu meskipun disisi lain UMKM kerap mengalami sulitnya akses pembiayaan modal perbankan, serta rendahnya peran pemerintah dalam menembus pasar baru ekspor.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto, mengatakan sejauh ini Kadin telah melakukan berbagai kegiatan untuk penguatan UMKM agar bisa naik kelas, diantaranya adalah membimbing dan menciptakan pendamping UMKM bersertifikat.

Selain itu, bersama Bank Indonesia dan Pemprov Jatim, Kadin Jatim juga telah mendirikan Rumah Kurasi yang bertugas menstandarkan produk UMKM agar bisa diterima di pasar global.

Agar Rumah Kurasi ini bisa bekerja maskimal membantu UMKM, Kadin Jatim bersama BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) telah membimbing dan melatih serta mensertifikasi sekitar 5 kurator di setiap kabupaten kota di seluruh Jatim.

"Dan kami menargetkan ada sekitar 1.000 produk yang bisa dikurasi,” kata Adik.(inp_red)

Share:
Komentar

Berita Terkini