Bank Aceh KPO Gelar Pelatihan Ketahanan Pangan Bagi Kelompok Peternakan Kambing di Banda Aceh

Laporan: REDAKSI author photo
Bank Aceh KPO Gelar Pelatihan Ketahanan Pangan Bagi Kelompok Peternakan Kambing di Banda Aceh
  
Liputan23.com - Banda Aceh – Bank Aceh Syariah Kantor Pusat Operasional (KPO) kembali menggelar pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau  UMKM. 

Kali ini pelatihan ketahanan pangan bagi kelompok  peternakan kambing. 

Pelatihan diikuti 50 peternak kambing di  Banda Aceh dan Aceh Besar ini digelar di Aula Dinas Pangan, Pertanian Kelautan, dan Perikanan Kota  Banda Aceh, Gampong Pande, Senin (30/1/2023).

Setelah  mendapat teori di aula dinas tersebut esoka nya peserta dilatih praktik langsung ke lokasi Peternakan Kambing Tuah Na Jaya di Gampong Tibang, Kecamatan Syiah Kuala,  Banda Aceh, milik Ridwan. 

Pemimpin  Bank Aceh Syariah KPO, Fadhil Ilyas, dalam pidatonya pada awal acara mengatakan pelatihan ini merupakan serangkaian kegiatan training dan workshop yang sudah dilakukan PT  Bank Aceh Syariah KPO kepada para pelaku  UMKM di  Banda Aceh dan Aceh Besar sejak 2019.

Mulai dari pelatihan untuk para perajin ikan keumamah di Desa Lampulo, Banda Aceh hingga pelatihan peningkatan kapasitas UMKM jasa pangkas melalui usaha pangkas modern barbershop.

Fadhil Ilyas mnyebutkan semua kegiatan yang mereka lakukan itu sebagai bentuk perwujudan, komitmen, dan kesungguhan Bank Aceh yang terus tangguh dan konsisten membangun  UMKM. 

Kali ini, ucap Fadhil ,pelatihan ditujukan untuk kelompok  peternakan kambing.

Hal ini sejalan tingginya kebutuhan kambing di Aceh umumnya dan  Banda Aceh khususnya, baik untuk kebutuhan setiap hari di warung maupun untuk akikah dan kurban saat Idul Adha. 

“Dalam pelatihan ini tak hanya mengupas berbagai macam teknik penggemukan kambing melalui pemberian vitamin dan pakan yang mengandung  nutrisi, tetapi peserta juga diajarkan menyiapkan kandang yang nyaman dan memenuhi standar kesehatan kambing,” jelas Fadhil Ilyas. 

Lebih dari itu, kata pimpinan KPO Bank Aceh,peserta juga diajarkan memanfaatkan limbah atau kotoran kambing, sehingga berguna dan tak meninggalkan bau tak sedap yang selama ini masih menjadi persoalan bagi lingkungan sekitar kandang.

Kami juga siap memberikan solusi atas permasalahan pendanaan terkait kebutuhan dalam mengembangkan usaha melalui produk pembiayaan yang ada pada  Bank Aceh Syariah KPO,” ujar Fadhil Ilyas.  

Selanjutnya Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota  Banda Aceh, Dr Samsul Bahri MSi, melalui Sekretaris Amir Syarifuddin, SPi, dalam sambutannya saat membuka acara ini mengucapkan terimakasih kepada pihak  Bank Aceh Syariah KPO yang sudah menggelar kegiatan ini. 

“Harapan kami kepada semua peserta dapat mengimplementasikan di lapangan ilmu yang sudah didapat nanti. Ini peluang sangat besar dalam memenuhi permintaah kambing yang sangat tinggi,” kata Amir Syarifuddin. 

Turut hadir saat pembukaan acara ini para pimpinan Bank Aceh Syariah KPO, antara lain Wapim Operasional Tarmizi Zakaria, Wapim Bisnis Rasyidin, Kabid UKM Center Fajar Rajasa, dan Kabid UKM Disperindagkop Kota Banda Aceh, Muda Balia.

Share:
Komentar

Berita Terkini